Contoh Analisis SWOT Lengkap Pengertian, Tujuan, Manfaat, dan Cara Membuatnya




SWOT adalah singkatan dari Strength, Weakness, Opportunities, dan Threats. Seperti namanya, Analisis SWOT merupakan suatu teknik perencanaan strategi yang bermanfaat untuk mengevaluasi kekuatan (strength) dan kelemahan (weakness), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek, baik yang sedang berlangsung maupun dalam perencanaan baru. Analisis SWOT pertama kali diperkenalkan oleh Albert S Humphrey pada tahun 1960-an dalam memimpin proyek riset di Stanford Research Institute yang menggunakan data dari perusahaan-perusahaan Fortune 500.

Manfaat Analisis SWOT

Metode analisis SWOT merupakan alat yang tepat untuk menemukan masalah dari 4 (empat) sisi yang berbeda, di mana aplikasinya adalah:
1. Bagaimana kekuatan (strengths) mampu mengambil keuntungan dari sebuah peluang (opportunities) yang ada.
2. Bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mencegah keuntungan.
3. bagaimana kekuatan (strengths) mampu menghadapi ancaman (threats) yang ada.
4. Bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mampu membuat ancaman (threats) menjadi nyata atau menciptakan sebuah ancaman baru.
Dengan saling berhubungannya 4 faktor tersebut, maka membuat analisis ini memberikan kemudahan untuk mewujudkan visi dan misi suatu perusahaan.

Contoh Analisis SWOT

Berikut ini adalah contoh sederhana dalam melakukan analisis SWOT untuk mengevaluasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman suatu perusahaan.

Strength (Kekuatan)

- Kami dapat merespon dengan cepat setiap permintaan pelanggan tanpa harus melalui birokrasi yang panjang.
- Kami memiliki biaya overhead yang rendah, sehingga dapat memberikan tawaran harga yang paling baik bagi pelanggan.
- Kami sangat memperhatikan setiap permintaan dan kebutuhan pelanggan.
- Kami sangat fleksibel dalam menangani setiap kasus dan permintaan pelanggan.
- Kami memiliki reputasi yang baik pada market yang ditekuni.

Weakness (Kelemahan)

- Staf kami masih memiliki kemampuan yang rendah dibidang-bidang tertentu.
- Perusahaan kami memiliki keterbatasan dalam permodalan.
- Cash flow kadang-kadang tidak lancar.
- Lokasi kantor letaknya di tempat yang kurang strategis.

Opportunities (Peluang)

- Sektor yang kami tekuni sedang mengalami kenaikan.
- Pemerintah sangat mendukung perusahaan lokal seperti kami.
- Belum ada persaingan yang ketat dalam sektor yang kami tekuni.
- Hanya dengan modal yang rendah kami dapat memulai bisnis dengan baik.

Threats (Ancaman) 

Perkembangan teknologi yang cepat di bidang ini berada di luar kemampuan kami sehingga dapat menyebabkan kami terlambat dalam mengadopsinya.

- Perubahan strategi pesaing dapat mengancam posisi kami di bidang ini.
- Kurangnya minat perbankan dalam membiayai pendanaan untuk industri yang kami tekuni saat ini.


Faktor yang Memengaruhi Analisis SWOT


Terdapat 2 faktor pokok yang akan memengaruhi keempat komponen dasar pada analisis SWOT yaitu:

1. Faktor Internal (Strength dan Weakness)

Untuk faktor internal atau faktor yang berasal dari dalam terdiri dari dua poin yaitu kekuatan dan kelemahan. Keduanya akan berdampak lebih baik dalam sebuah penelitian ketika kekuatan lebih besar dibandingkan kelemahan. Dengan demikian kekuatan internal yang maksimum jelas akan memberikan hasil penelitian yang jauh lebih baik. Adapun bagian bagian dari faktor internal itu sendiri ialah:
- Sumber daya yang dimiliki
- Keuangan atau finansial
- Kelebihan atau kelemahan internal organisasi
- Pengalaman-pengalaman organisasi sebelumnya (baik yang berhasil maupun yang gagal)

2. Faktor Eksternal (Opportunities dan Threats)

Ini merupakan faktor dari luar entitas, di mana faktor ini tidak secara langsung terlibat pada apa yang sedang diteliti dan terdiri dari 2 poin yaitu ancaman dan peluang. Adanya peluang serta ancaman ini tentu saja akan memberikan data yang harus dimasukkan dalam jurnal penelitian sehingga menghasilkan strategi untuk menghadapinya. Beberapa poin yang termasuk pada faktor eksternal ialah:
- Tren
- Budaya, sosial politik, ideologi, perekonomian
- Sumber-sumber permodalan
- Peraturan pemerintah
- Perkembangan teknologi
- Peristiwa-peristiwa yang terjadi
- Lingkungan
Sebagaimana sebuah metode pada umumnya, analisa SWOT ini hanya dapat membantu menganalisa situasi yang sedang dihadapi oleh perusahaan atau sebuah organisasi. Dan metode ini bukan sebuah jawaban pasti yang mampu memberikan solusi pada tiap masalah yang sedang dihadapi, namun minimal akan memecah persoalan yang ada dengan mengurainya menjadi bagian-bagian kecil yang akan lebih tampak sederhana.

Contoh Analisis SWOT

Berikut ini beberapa contoh analisis SWOT. Jika Anda masih kurang jelas dengan contoh analisis SWOT yang saya sediakan, maka Anda bisa baca-baca ke bawah penjelasan lengkap mengenai analisis SWOT.

#1 Contoh Analisis SWOT Diri Sendiri

Misalkan seorang mahasiswa bernama Vatinson yang baru lulus dari kuliahnya dan ingin bekerja menjadi PNS.
fai.um-surabaya.ac.id
Komponen pada contoh analisis SWOT terhadap diri sendiri:

Strenght (Kekuatan)

  1. Memiliki kemampuan desain yang baik
  2. Senang fotografi dan menonton film
  3. Mudah bersosialisasi atau hubungan baik dengan teman
  4. Selalu berkomitmen pada apa yang telah diucapkan
  5. Tipe pekerja keras dan tidak mudah menyerah dalam segala hal
  6. IPK=3,48
  7. Selalu memperhatikan penampilan agar terlihat menarik
  8. Pernah menjadi juara desain se-provinsi
  9. Berpengalaman menjadi pekerja lepas di sebuah perusahaan ternama
  10. Hasil desain selalu disukai banyak orang
  11. Bertanggung jawab pada diri sendiri dan orang lain
  12. Mampu mengelola keuangan dengan baik

Weakness (Kelemahan)

  1. Kemampuan bahasa Inggris masih kurang
  2. Kurang percaya diri jika bicara di depan umum
  3. Susah mengambil keputusan dengan cepat
  4. Ceroboh dan sering tidak sabaran
  5. Kurang memperhatikan hal-hal kecil
  6. Lebih mementingkan diri sendiri
  7. Sering lupa akan sesuatu hal
  8. Dukungan keuangan kurang baik
  9. Cara bicara yang kurang mudah dimengerti oelh orang lain

Opportunities (Kesempatan)

  1. Penerimaan lowongan kerja CPNS secara serentak
  2. Banyak perusahaan dan lembaga pemerintah yang membutuhkan desainer
  3. Perkembangan teknologi baru
  4. Kebutuhan desainer di Indonesia terus meningkat
  5. Dukungan teman dan keluarga sangat besar

Threats (Ancaman)

  1. Banyak tenaga kerja yang lain yang lebih berpengalaman
  2. Banyakj lulusan Perguruan Tinggi ternama
  3. Merebaknya sistem KKN di semua bidang
  4. Kuota PNS, tapi lebih mengutamakan tenaga kerja honorer
  5. Semakin ketatnya persaingan diantara lulusan sarjana di Indonesia
  6. Tuntutan untuk segera berpenghasilan dan menikah

Membuat Strategi

Strategi SO
  1. Mengikuti pelatihan desain di luar negeri
  2. Memulai untuk mencoba membangun usaha sendiri serta mengutamakan kualitas dan pelayanan
  3. Terus berlatih mengerjakan soal-soal prikotest agar bisa lulus jadi PNS
  4. Lebih banyak bersosialisasi agar bisa menjadi fasilitator dari salah satu program pemerintah
Strategi WO
  1. Memperbanyak belajar menggunakan Bahasa Inggris mulai saat ini juga
  2. Membuat perencanaan sederhana di masa depan
  3. memperbanyak Puasa sunnah agar bisa mengontrol emosi
  4. Menabung untuk tambahan modal usaha di rumah
Strategi ST
  1. Memperbanyak jaringan atau relasi dengan agar meningkatkan silaturahmi untuk mendapatkan informasi lowongan pekerjaan
  2. Mempertahankan IPK sebagai salah satu syarat lulus test administrasi
  3. Membuat portofolio sebagus mungkin
  4. Mencari kerjaan freelance sebagai tambahan pengalaman kerja
  5. Memperdalam ilmu dengan terus belajar dan belajar
Strategi WT
  1. Mengikuti kegiatan BLK (Balai latihan kerja)
  2. Mulai dan terus belajar bicara di depan umum
  3. Disiplin dan belajar manajemen waktu dengan baik
  4. Mulai rapi dalam segala hal

#2 Contoh Analisis SWOT Perusahaan Jasa – Gojek

Contoh analisis SWOT perusahaan Gojek, ini hanya contoh saja, analisis yang saya tuliskan tidak sepenuhnya benar ada pada perusahaan yang dimaksud. Selebihnya hanya perumpamaan saja.

Strength (Kekuatan)

  1. Sebagai perintis ojek online di Indonesia
  2. Jaringan driver lebih luas dibandingkan dengan ojek online yang lain
  3. Sebagai startup lokal yang terbilang besar
  4. Memiliki brand recognition yang tinggi dan lebih mudah dipahami oleh pasar lokal
  5. Memiliki banyak pilihan layanan online dibandingkan startup yang lain
  6. Go-food sangat populer bahkan bisa saja dijadikan sumber pendapatan utama di masa mendatang
  7. Branding Gojek begitu melekat di hati para masyarakat

Weakness (Kelemahan)

  1. Pengeluaran modal masih terbilang sangat besar
  2. Pengelolaan keuangan masih kurang baik
  3. Beberapa kota di Indonesia masih belum tersedia layanan Gojek
  4. Ada oknum driver yang sesekali merusak nama baik
  5. Customer service call center mereka sulit untuk dijangkau dan tidak menyediakan cukup informasi.

Opportunity (Kesempatan)

  1. Delivery makanan menjadi sangat populer akhir-akhir ini
  2. Sistem pengiriman paket barang saat ini sangat di gemari oleh masyarakat
  3. Ada beberapa kota yang belum tersedia layanan ojek online

Threat (Ancaman)

  1. Peraturan pemerintah bisa saja sesekali merugikan perusahaan
  2. Kompetitor yang terus berkembang dengan inovasi-inovasinya

Membuat Strategi

  1. Perkembangan pada bidang Customer service
  2. Peningkatan pada desain aplikasi Gojek, khususnya dalam metode pemesanan.
  3. Peningkatan pada layanan Go-food
  4. Penambahan sistem pembayaran melalui kartu kredit
  5. Perlu pemerataan Jumlah driver Gojek di setiap daerah layanan
  6. Fokus dalam perbaikan pada waktu morning commute dimana pada waktu ini angka booking sangat tinggi
  7. Harus memiliki tim marketing khusus untuk kostumer korporasi mau bergabung ke layanan Gojek
  8. Bekerja dengan beberapa penjual untuk menawarkan harga spesial pada layanan Go-food
  9. Peningkatan dalam segala pada layanan kurir atau Go-send, karena layanan ini merupakan salah satu aset penting.
  10. Menambah layanan di semua kota di Indonesia agar menjadi semakin dekat dengan masyarakat

#3 Contoh Analisis SWOT Perusahaan Astra Honda Motor (AHM)

Berikut ini contoh analisis SWOT perusahaan AHM, ini hanya contoh saja, analisis yang saya tuliskan tidak sepenuhnya benar ada pada perusahaan yang dimaksud. Selebihnya hanya perumpamaan saja.
PT Astra Honda Motor merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang industry manufacturing. Pada mulanya perusahaan ini bernama PT Federal Motor.
Perkembangan perusahaan ini sekarang cukup pesat sehingga menjadi salah satu perusahaan terbesar di Indonesia.
gilamotor.com
Hampir selama 50 tahun, PT Astra Honda Motor sangat mendominasi pasar otomotif di Indonesia. Meskipun pada perjalanannya tidak luput dari pasang surut yang berhasil dilalui.
Berikut ini adalah contoh analisis SWOT pada perusahaan ini.

Strength (Kekuatan)

  1. Branding produk Honda telah melekat bagi masyarakat Indonesia
  2. Memiliki beberapa pabrik yang beroperasi, sehingga jumlah produksi yang dihasilkan maksimal
  3. Produk yang dihasilkan oleh PT AHM memiliki standar International, sehingga cukup dipercaya oleh masyarakat
  4. Sering meluncurkan produk dengan harga rendah untuk dapat menjangkau segala sektor ekonomi berbagai lapisan masyarakat
  5. Honda selalu mengikuti perkembangan teknologi otomotif sehingga kualitas tetap terjaga
  6. Suku cadang Honda yang asli tersebar hampir di seluruh Infonesia, sehingga masyarakat dapat dengan mudah memperolehnya
  7. Banyak penghargaan yang didapatkan oleh PT AHM sebagai bukti bahwa ini adalah perusahaan yang sudah ternama dan memiliki banyak keunggulan
  8. Dealer Honda sudah tersebar hingga ke pelosok sehingga memudahkan konsumen dalam menjangkaunya
  9. Keiritan bahan bakar pada produk Honda sudah dipercaya oleh masyarakat dibandingkan perusahaan lain

Weakness (Kelemahan)

  1. Beberapa varian motor memiliki harga yang cukup mahal, khususnya tipe premium seperti motor sport
  2. Dari segi desain dan model, produk motor Honda masih banyak tertinggal dibanding perusahaan otomotif lain
  3. Uang muka kredit Honda masih cukup tinggi sehingga menyulitkan konsumen untuk menjangkaunya

Opportunities (Peluang)

  1. Kepercayaan pemilik brand Honda dari jepang yaitu Honda Japan Corp. terhadap PT Astra Honda Motor.
  2. Tingkat populasi penduduk sangat besar sehingga sangat potensial dijadikan sebagai target penjualan produk
  3. Ekspansi ekspor ke berbagai negara, untuk mengembangkan pangsa pasar dan peningkatan penjualan

Threats (Ancaman)

  1. Adanya krisis global maka daya beli pasar tentu saja akan menurun
  2. Banyak sekali produk asing yang meniru spesifikasi dari produk Honda dengan harga jual yang lebih murah
  3. Perkembangan produsen lain, seperti YAMAHA sebagai salah satu pesaing terberat dalam sektor industri otomotif di Indonesia
  4. Maraknya peredaran suku cadang palsu atau tiruan yang sama sekali bukan dari produk Honda
  5. Hingga saat ini suku cadang Honda masih belum sepenuhnya diproduksi di dalam negeri sehingga masih tergantung dari distribusi oleh Honda Jepang.
  6. Kebijakan pemerintah seperti kenaikan harga BBM sewaktu-waktu akan berpengaruh besar terhadap kelangsungan sebuah industri

Membuat Strategi

  1. Senantiasa harus memperhatikan perkembangan produk dari perusahaan kompetitor agar Honda tetap bisa mengalahkannya
  2. Kebijakan harga uang muka harus segera diperbaiki agar masyarakat semakin mudah memperoleh produk honda
  3. Mulai terus memproduksi sendiri suku cadang Honda tanpa harus melakukan impor dari jepang
  4. Terus meningkatkan inovasi-inovasi dalam bidang teknologi agar terus bisa bersaing dengan kompetitor
  5. Perlu adanya peningkatan dalam hal model dan desain agar masyarakat semakin tertarik dengan peroduk Honda
  6. Peningkatan kualitas harus selalu dipertahankan agar bisa menjaga kepercayaan masyarakat terhadap Honda.

#4 Contoh Analisis Swot Perusahaan Sony (Handphone)

Contoh analisis SWOT perusahaan Sony. Ini hanya contoh saja, analisis yang saya tuliskan tidak sepenuhnya benar ada pada perusahaan yang dimaksud. Selebihnya hanya perumpamaan saja.
technobuffalo.com
Perusahaan Sony merupakan salah satu perusahaan handphone terbesar di Dunia. Perusahaan ini sudah sejak lama hadir di Indonesia, bahkan ketika masih bersaing dengan Nokia beberapa tahun yang lalu.

Strengths (Kekuatan)

  1. Pengalaman Sony yang sudah sejak lama hadir di Indonesia
  2. Brand Sony sudah melekat di hati masyarakat Indonesia
  3. Memiliki hubungan yang kuat dengan pelanggan
  4. Berbagai macam produk ada untuk semua kelas
  5. Memiliki jaringan penjualan dan distribusi terbesar
  6. Sony memiliki teknologi khas yang dimilikinya, seperti segi kamera, body, dan walkman.

Weakness (Kelemahan)

  1. Model dan desain masih monoton sehingga kurang menarik secara tampilan
  2. Pangsa pasar mulai berkurang akibat semakin banyaknya kompetitor
  3. Harga ponsel Sony terbilang tinggi.

Opportunities (Kesempatan)

  1. Kebutuhan masyarakat akan Smartphone masih tinggi sehingga masih menjadi kesempatan besar
  2. Teknologi masih akan terus berkembang, sehingga akan membutuhkan inovasi-inovasi baru.

Threats (Ancaman)

  1. Ponsel China merupakan suatu ancaman yang sangat serius bagi Sony. Dengan segala fitur dan teknologi yang dimiliki sangat menarik perhatian konsumen.
  2. Pesaing seperti Samsung dan Apple merupakan pesaing terbesar, mereka sudah memiliki kepercayaan dari masyarakat.

Membuat Strategi

  1. Merencanakan teknologi ke depan agar bisa dipersiapkan dari sekarang
  2. Membuat inovasi baru dalam hal teknologi untuk mematikan keberhasilan para pesaing
  3. Mempertahankan dan terus meningkatkan apa yang menjadi ciri khas dari Sony
  4. Terus membuat produk baru dengan kualitas tinggi tetapi harga juga bisa dijangkau.

#5 Contoh Analisis SWOT pada Aplikasi Kamus Indonesia Berbasis Android

Contoh analisis SWOT Aplikasi Kamus Indonesia. Ini hanya contoh saja, analisis yang saya tuliskan tidak sepenuhnya benar ada pada aplikasi yang dimaksud. Selebihnya hanya perumpamaan saja.
ingatkah.com
Di bawah ini adalah contoh analisis SWOT pada sebuah aplikasi berbasis Android.

Strenghts (Kekuatan)

  1. Aplikasi ini dapat diakses tanpa terbubung ke internet (offline)
  2. Memiliki banyak puluhan ribu kosakata yang dapat diakses secara gratis
  3. Tampilan aplikasi yang friendly dan enak dimainkan
  4. Jumlah donwload terbilang sangat banyak dibanding aplikasi pesaing lainnya
  5. Penjelasan yang mudah dipahami oleh pengguna
  6. Proses mudah dalam pencarian kata.

Weakness (Kelemahan)

  1. Tidak semua aplikasi android kompatibel di setiap device
  2. Pengguna aplikasi tidak bisa menambahkan kosa kata, dan edit kosa kata sendiri
  3. Sering terjadi bugs, sehingga sangat mengganggu
  4. Upgrade versi masih lambat
  5. Aplikasi masih berat dan susah dibuka.

Opportunnity (Peluang)

  1. Pengguna smartphone berbasis android lebih banyak daripada OS lain diseluruh dunia
  2. Sifat android berbasis open source memudahkan dalam hal pengembangan aplikasi ke versi-versi selanjutnya
  3. Pengembang aplikasi pada android memiliki jumlah yang lebih banyak dibandingkan platform OS lain
  4. Proses yang mudah untuk mengunggah atau memperoleh aplikasi yang dikembangkan di Playstore
  5. Banyak pengguna android cenderung memilih mengunduh aplikasi yang gratis
  6. Menciptakan aplikasi yang sebelumya berupa naskah cetak, menjadi bentuk mobile application sehingga lebih efesien.

Threats (Ancaman)

  1. Banyak developer lain yang mengembangkan aplikasi serupa dan memiliki fitur yang lebih mendukung
  2. Komentar yang buruk yang diberikan pengguna di playstore bisa mempengaruhi calon pengguna lain.
  3. Versi baru OS android bisa saja mengancam aplikasi sehingga ada beberapa fungsi dalam aplikasi yang tidak bisa berjalan semestinya.

Membuat Strategi

  1. Terus meng-update aplikasi dan menghilangkan bugs yang ada agar aplikasi semakin lancar digunakan oleh pengguna
  2. Membuat inovasi baru untuk bisa bersaing dengan pesaing yang lain
  3. Meng-update dan menambah kosakata baru ke aplikasi, dan jika memungkinkan membuat layanan agar pengguna bisa menambahkan kosakata sendiri

Semoga Artikel kali ini dapatbermanfaat bagi pembaca.

Silahkan berkomentar dengan Etika Yang Baik.
Jangan Lampirkan Link aktif.
EmoticonEmoticon